STANDAR
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD
NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN
I.
NILAI-NILAI AGAMA DAN
MORAL
1.
Mengetahui perilaku yang
berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku
baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
2.
Mengetahui arti kasih dan
sayang kepada ciptaan Tuhan
3.
Mulai meniru doa pendek sesuai
dengan agamanya
II.
FISIK MOTORIK
A.
Motorik Kasar
1.
Berlari sambil membawa sesuatu
yang ringan (bola)
2.
Naik-turun tangga atau tempat
yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
3.
Meniti di atas papan yang cukup
lebar
4.
Melompat turun dari ketinggian
kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
5.
Meniru gerakan senam sederhana
seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat)
6.
Berdiri dengan satu kaki
B.
Motorik Halus
1.
Menuang air, pasir, atau
biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)
2.
Memasukkan benda kecil ke dalam
botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
3.
Meronce benda yang cukup besar
4.
Menggunting kertas mengikuti
pola garis lurus
C.
Kesehatan dan Perilaku
Keselamatan
1.
Berat badan sesuai Tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai Tingkat
usia
3.
Berat badan sesuai dengan
standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai Tingkat
usia
5.
Membersihkan kotoran (ingus)
6.
Menggosok gigi
7.
Memahami arti warna lampu lalu
lintas
8.
Mengelap tangan dan muka
sendiri
9.
Memahami kalau berjalan di
sebelah kiri
III.
KOGNITIF
A.
Belajar dan Pemecahan Masalah
1.
Paham bila ada bagian yang hilang dari suatu pola gambar
seperti pada gambar wajah orang matanya tidak ada, mobil bannya copot, dsb
2.
Menyebutkan berbagai nama
makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai)
3.
Menyebutkan berbagai macam
kegunaan dari benda
4.
Memahami persamaan antara dua
benda
5.
Memahami perbedaan antara dua
hal dari jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang;
perbedaan antara ayam dan kucing
6.
Bereksperimen dengan bahan
menggunakan cara baru
7.
Mengerjakan tugas sampai
selesai
8.
Menjawab apa yang akan terjadi
selanjutnya dari berbagai kemungkinan
9.
Menyebutkan bilangan angka 1-10
10. Mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu dari A-z yang pernah
dilihatnya
B.
Berpikir Logis
1.
Menempatkan benda dalam urutan
ukuran (paling kecil-paling besar)
2.
Mulai mengikuti pola tepuk tangan
3.
Mengenal konsep banyak dan
sedikit
4.
Mengenali alasan mengapa ada
sesuatu yang tidak masuk dalam kelompok tertentu
5.
Menjelaskan model/karya yang
dibuatnya
C.
Berpikir Simbolik
1.
Menyebutkan peran dan tugasnya
(misal, koki tugasnya memasak)
2.
Menggambar atau membentuk
sesuatu konstruksi yang mendeskripsikan sesuatu yang spesifik
3.
Melakukan aktivitas bersama
teman dengan terencana (bermain berkelompok dengan memainkan peran tertentu
seperti yang telah direncanakan)
IV. BAHASA
A.
Memahami Bahasa
1.
Pura-pura membaca cerita bergambar
dalam buku dengan kata-kata sendiri
2.
Mulai memahami dua perintah
yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada
ibu pengasuh atau pendidik
B.
Mengungkapkan Bahasa
1.
Mulai menyatakan keinginan
dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata)
2.
Mulai menceritakan pengalaman
yang dialami dengan cerita sederhana
V.
SOSIAL EMOSIONAL
A.
Kesadaran Diri
1.
Mengikuti aktivitas dalam suatu
kegiatan besar (misal: piknik)
2.
Meniru apa yang dilakukan orang
dewasa
3.
Bereaksi terhadap hal-hal yang tidak
benar (marah bila diganggu)
4.
Mengatakan perasaan secara
verbal
B.
Tanggungjawab Diri dan Orang
lain
1.
Mulai bisa melakukan buang air
kecil tanpa bantuan.
2.
Bersabar menunggu giliran.
3.
Mulai menunjukkan sikap toleran
sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
4.
Mulai menghargai orang lain.
5.
Mulai menunjukkan ekspresi
menyesal ketika melakukan kesalahan
C.
Perilaku Prososial
1.
Membangun kerjasama
2.
Memahami adanya perbedaan
perasaan (teman takut, saya tidak)
3.
Meminjam dan meminjamkan mainan
VI. SENI
A.
Anak mampu membedakan antara
bunyi dan suara
1.
Mengenali berbagai macam suara
dari kendaraan
2.
Meminta untuk diperdengarkan
lagu favorit secara berulang
B.
Tertarik dengan kegiatan musik,
gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
1.
Mendengarkan atau menyanyikan
lagu
2.
Menggerakkan tubuh sesuai irama
3.
Bertepuk tangan sesuai irama
musik
4.
Meniru aktivitas orang baik
secara langsung maupun melalui media. (misal, cara minum/cara bicara/perilaku
seperti ibu)
5.
Bertepuk tangan dengan pola
yang berirama (misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti irama nyanyian)
C.
Tertarik dengan kegiatan atau
karya seni
1.
Menggambar dengan menggunakan
beragam media (cat air, spidol, alat menggambar) dan cara (seperti finger
painting, cat air, dll)
2.
Membentuk sesuatu dengan
plastisin
3.
Mengamati dan membedakan benda
di sekitarnya yang di luar rumah
TINGKAT
PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN
Comments
Post a Comment