STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD
NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL
1.
Mengenal agama yang dianut
2.
Mengerjakan ibadah
3.
Berperilaku jujur, penolong,
sopan, hormat, sportif, dsb
4.
Menjaga kebersihan diri dan
lingkungan
5.
Mengetahui hari besar agama
6.
Menghormati (toleransi) agama
orang lain
II. FISIK MOTORIK
A.
Motorik Kasar
1.
Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi
untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan
2.
Melakukan koordinasi gerakan
mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.
Melakukan permainan fisik
dengan aturan
4.
Terampil menggunakan tangan
kanan dan kiri
5.
Melakukan kegiatan kebersihan
diri
B.
Motorik Halus
1.
Menggambar sesuai gagasannya
2.
Meniru bentuk
3.
Melakukan eksplorasi dengan
berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan alat tulis dan alat
makan dengan benar
5.
Menggunting sesuai dengan pola
6.
Menempel gambar dengan tepat
7.
Mengekspresikan diri melalui
gerakan menggambar secara rinci
C.
Kesehatan dan Perilaku
Keselamatan
1.
Berat badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai standar
usia
3.
Berat badan sesuai dengan
standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai tingkat
usia
5.
Menutup hidung dan mulut
(misal, ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan, dan membereskan
tempat bermain
7.
Mengetahui situasi yang
membahayakan diri
8.
Memahami tata cara menyebrang
9.
Mengenal kebiasaan buruk bagi
kesehatan (rokok, minuman keras)
III. IIIKOGNITIF
A.
Belajar dan Pemecahan Masalah
1.
Menunjukkan aktivitas yang
bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air
ditumpahkan)
2.
Memecahkan masalah sederhana
dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial
3.
Menerapkan pengetahuan atau
pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan sikap kreatif dalam
menyelesaikan masalah (ide, gagasan di
luar kebiasaan)
B.
Berpikir Logis
1.
Mengenal perbedaan berdasarkan
ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
2.
Menunjukkan inisiatif dalam
memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura
seperti burung”)
3.
Menyusun perencanaan kegiatan
yang akan dilakukan
4.
Mengenal sebab-akibat tentang
lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan
sesuatu menjadi basah)
5.
Mengklasifikasikan benda
berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan benda yang
lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau
kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.
Mengenal pola ABCD-ABCD
8.
Mengurutkan benda berdasarkan
ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
C.
Berpikir Simbolik
1.
Menyebutkan lambang bilangan
1-10
2.
Menggunakan lambang bilangan
untuk menghitung
3.
Mencocokkan bilangan dengan
lambang bilangan
4.
Mengenal berbagai macam lambang
huruf vokal dan konsonan
5.
Merepresentasikan berbagai
macam benda dalam bentuk gambar atau
tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)
IV. BAHASA
A.
Memahami Bahasa
1.
Mengerti beberapa perintah
secara bersamaan
2.
Mengulang kalimat yang lebih
kompleks
3.
Memahami aturan dalam suatu
permainan
4.
Senang dan menghargai bacaan
B.
Mengungkapkan Bahasa
1.
Menjawab pertanyaan yang lebih
kompleks
2.
Menyebutkan kelompok gambar
yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi secara lisan,
memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan
membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun kalimat sederhana
dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.
Memiliki lebih banyak kata-kata
untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan sebagian
cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkkan pemahaman
konsep-konsep dalam buku cerita
C.
Keaksaraan
1.
Menyebutkan simbol-simbol huruf
yang dikenal
2.
Mengenal suara huruf awal dari
nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.
Menyebutkan kelompok gambar
yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.
Memahami hubungan antara bunyi
dan bentuk huruf
5.
Membaca nama sendiri
6.
Menuliskan nama sendiri
7.
Memahami arti kata dalam cerita
V. SOSIAL EMOSIONAL
A.
Kesadaran Diri
1.
Memperlihatkan kemampuan diri
untuk menyesuaikan dengan situasi
2.
Memperlihatkan kehati-hatian
kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada orang dewasa yang
tepat)
3.
Mengenal perasaan sendiri dan
mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)
B.
Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri
dan Orang lain
1.
Tahu akan hak nya
2.
Mentaati aturan kelas
(kegiatan, aturan)
3.
Mengatur diri sendiri
4.
Bertanggung jawab atas
perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
C.
Perilaku Prososial
1.
Bermain dengan teman sebaya
2.
Mengetahui perasaan temannya
dan merespon secara wajar
3.
Berbagi dengan orang lain
4.
Menghargai hak/pendapat/karya
orang lain
5.
Menggunakan cara yang diterima
secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk
menyelesaikan masalah)
6.
Bersikap kooperatif dengan
teman
7.
Menunjukkan sikap toleran
8.
Mengekspresikan emosi yang
sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9.
Mengenal tata krama dan sopan
santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
VI. SENI
A.
Anak mampu menikmati berbagai
alunan lagu atau suara
1.
Anak bersenandung atau
bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan alat
musik/instrumen/benda bersama teman
B.
Tertarik dengan kegiatan seni
1.
Menyanyikan lagu dengan sikap
yang benar
2.
Menggunakan berbagai macam alat
musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu
tertentu
3.
Bermain drama sederhana
4.
Menggambar berbagai macam
bentuk yang beragam
5.
Melukis dengan berbagai cara
dan objek
6.
Membuat karya seperti bentuk
sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)
TINGKAT
PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
Dapatkan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Sesuai Kelompok Usia 0-6 Tahun
Lengkap Klik >>http://t.co/QEJ99znvHW
Ilmu yg bermanfaat, ijin share mas Adit. Trmks
ReplyDelete