CONTOH PROGRAM SEMESTER (PROSEM) KURIKULUM 2013
No
|
KOMPETENSI INTI (KI) / KOMPETENSI DASAR (KD)
|
Semester II
|
||||||||||||||||
rekreasi
|
Kenda-raan
|
pekerjaan
|
Api, air, udara
|
Alat komks
|
Negara-ku
|
Alamsemesta
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
||
KI-1
|
Menerima ajaran
agama yang dianutnya
|
|||||||||||||||||
1.1
|
Mempercayai adanya Tuhan mellui ciptaannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
1.2
|
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar
sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
KI-2
|
Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain,
mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
2.1
|
Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
2.2
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.3
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||
2.4
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||||||
2.5
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
2.6
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
2.7
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu
gliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara) untuk melatih
kedisiplinan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
2.8
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|||||||||||||||||
2.9
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap perduli dan mau
membantu jika diminta bantuannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
2.10
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran
kepada orang lain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||
2.11
|
Memiliki perilaku yang dapat menyesusikan diri
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
2.12
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
2.13
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||||
2.14
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun
kepada orang tua, pendidik dan teman
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
KI-3
|
Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan
budaya du rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara :
mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan
bermain
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
3.1
|
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
3.2
|
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.3
|
Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan
motorik kasar dan motorik halus
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
3.4
|
Mengetahui cara hidup sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||
3.5
|
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku
kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
3.6
|
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
3.7
|
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal,
tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
3.8
|
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
3.9
|
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
3.10
|
Memahami bahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
3.11
|
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
3.12
|
Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
3.13
|
Mengenal emosi diri dan orang lain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
3.14
|
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||
3.15
|
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
KI.4
|
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
4.1
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang
dewasa
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
4.2
|
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
4.3
|
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan
halus
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
4.4
|
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||
4.5
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||
4.6
|
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar
yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya) melalui berbagaihasil karya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.7
|
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
4.8
|
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan
alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.9
|
Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga,
peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan
kegiatannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||
4.10
|
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
4.11
|
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa
secara verbal dan non verbal)
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
4.12
|
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk
karya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||
4.13
|
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
4.14
|
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara
yang tepat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||||||
4.15
|
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai
media
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Mengetahui,
KepalaSekolah
……………………………………
|
Guru Kelas
……………………………………
|
DOWNLOAD FILE DI ==>https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8R3lleHZlUTdsSkk/view
Comments
Post a Comment