PROGRAM SEMESTER (PROSEM) SEMESTER I

CONTOH PROGRAM SEMESTER (PROSEM) KURIKULUM 2013


No
KOMPETENSI INTI (KI) / KOMPETENSI DASAR (KD)

Semester I
aku
Lingkungan-ku
kebutuhanku
binatang
tanaman
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17



















KI-1
Menerima ajaran agama yang dianutnya

















1.1
Mempercayai adanya Tuhan mellui ciptaannya
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan







KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
2.1
Memiliki perilaku  yang mencerminkan hidup sehat











2.2
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu









2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif







2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis



2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri











2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan







2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu gliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan


















2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian














2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap perduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

















2.10
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain











2.11
Memiliki perilaku yang dapat menyesusikan diri














2.12
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab










2.13
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur









2.14
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman










KI-3
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya du rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara : mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
3.1
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari 







3.2
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

















3.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

















3.4
Mengetahui cara hidup sehat










3.5
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif


















3.6
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.7
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)


















3.8
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)










3.9
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)










3.10
Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)







3.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)







3.12
Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain







3.13
Mengenal emosi diri dan orang lain










3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri











3.15
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni







KI.4
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
4.1
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa







4.2
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

















4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus



4.4
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat










4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif







4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagaihasil karya

































4.7
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)






















4.8
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
























4.9
Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya










4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)







4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)







4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya










4.13
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

















4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat


















4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media








Mengetahui,
KepalaSekolah




……………………………………

Guru Kelas




……………………………………




Comments