MATERI / MUATAN AJAR TK-B (USIA 5-6 TAHUN) KURIKULUM 2013
Keterangan:
Kompetensi Dasar (KD) untuk
KI-1 dan KI-2 tidak dirumuskan secara tersendiri. Penjelasannya :
1. Indikator pencapaian
perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial
tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini
dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai
KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan
keteladanan.
2. Dengan kata lain, sikap
positif anak akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan
pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap
positif itu adalah perilaku hidup sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif,
kritis, percaya diri, disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan
diri, dan santun.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / MUATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
KOMPETENSI INTI 1
KI-1. Menerima ajaran agama
yang dianutnya
|
||
1.1 Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
|
1.1.1. Alam semesta ciptaan Tuhan
1.1.2. Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung, pasir, dst
1.1.3. Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan
1.1.4. Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.1.5. Menjaga dan melestarikan ciptaan Tuhan.
1.1.6. Memanfaatkan ciptaan Tuhan
1.1.7. Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
|
|
1.2 Menghargai diri sendiri,
orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
1.2.1. Bersyukur
1.2.2. Menyayangi diri sendiri
1.2.3. Menyayangi sesama teman
1.2.4. Menghormati orang yang lebih tua
1.2.5. Menghormati orang yang lebih muda
1.2.6 Kelestarian lingkungan
1.2.7 Menghargai hasil karya diri sendiri/orang
lain
|
|
KOMPETENSI
INTI 2
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur,
dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan
teman
|
||
2.1
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
2.1.1. Berolah raga
2.1.2. Makan yang teratur
2.1.3. Menjaga kebersihan
2.1.4. Menjaga kesehatan
2.1.5. Kebersihan diri sendiri
2.1.6. Kebersihan lingkungan
|
|
2.2 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
|
2.2.1. Berani
mencoba hal yang baru
2.2.2. Mengetahui
sebab akibat
2.2.3. Mengetahui
apa yang terjadi jika
|
|
2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
2.3.1. Mengembangkan
hasil karyanya
2.3.2. Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
|
2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
2.4.1. Bergerak
sesuai dengan irama musik
2.4.2. Menirukan
gerakan sederhana
2.4.3. Berpakaian
yang rapi dan sopan
2.4.4. Penataan
lingkungan
2.4.5. Adat
istiadat, budaya
|
|
2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap percaya diri
|
2.5.1. Berani
bertanya.
2.5.2. Menyampaikan
pendapat.
2.5.3. Berani
tampil di depan umum
2.5.4. Mengerjakan
tugas sendiri
2.5.5. Menunjukkan
kebanggaan terhadap hasil kerjanya
2.5.6. Menceritakan
pengalaman secara sederhana
2.5.7. Dapat
menerima kritik
2.5.8. Mengikuti
perlombaan / kompetisi
|
|
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
2.6.1. Perilaku
baik / buruk.
2.6.2. Berangkat
sekolah tepat waktu.
2.6.3. Memakai
seragam sekolah.
2.6.4. Bersikap
sportif dalam permainan
2.6.5. Mentaati
peraturan / tata tertib yang ada
2.6.6. Mengembalikan
mainan pada tempatnya setelah digunakan
|
|
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau
mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
2.7.1. Saling
hormat menghormati.
2.7.2. Sabar
menunggu giliran
2.7.3. Mendengarkantemannya
berbicara.
2.7.4. Saling
menghargai sesama manusia
2.7.5. Mengendalikan
emosi
|
|
2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
2.8.1. Menyelesaikan
tugas tanpa bantuan.
2.8.2. Mengurus
dirinya sendiri
2.8.3. Tidak
cengeng
|
|
2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
2.9.1. Gotong
royong / tolong menolong
2.9.2 Tenggang
rasa
2.9.3. Mau
meminjamkanmiliknya dengan senang hati
2.9.4. Rasa
empati pada orang lain
2.9.5 Mau
berbagi dengan teman
|
|
2.10 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
2.10.1. Merapikan
mainan secara bersama sama
2.10.2. Mau
Bermain dengan teman
2.10.3. Mau
bekerja sama dengan teman/orang lain
2.10.4. Dapat
bekerja kelompok
2.10.5. Toleransi
|
|
2.11Memiliki perilaku yang
dapat menyesuaikan diri
|
2.11.1. Menyesuaikan
diri dengan orang lain
2.11.2. Tidak
mengganggu teman
2.11.3. Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
2.11.4. Mudah
bergaul/berteman
|
|
2.12Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
2.12.1. Menyelesaikantugas
sampai selesai
2.12.2. Memohon
dan memberi maaf
2.12.3. Menyelesaikan
pekerjaan tanpa dibantu orang lain
2.12.4. Memiliki
rasa tanggung jawab
|
|
2.13Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
2.13.1. Tidak mengambil barang yang bukan miliknya
2.13.2. Mengakui kesalahannya
2.13.3. Mengembalikan milik orang lain
|
|
2.14Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun kepada orang tua, pendidik
dan teman
|
2.14.1. Mengucapkan terimakasih bila mendapatkan
sesuatu
2.14.2. Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
2.14.3. Berbicara sopan
2.14.4. Memberi dan membalas salam
2.14.5. Saling memaafkan
|
|
KOMPETENSI INTI 3 & 4
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik
dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan,
dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak
berakhlak mulia
|
||
3.1Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
|
3.1.1. Lagu-lagu keagamaan
3.1.2. Ibadah
3.1.3. Pengenalan do’a
3.1.4. Surat surat pendek
3.1.5. Tempat tempat ibadah
3.1.6. Kitab suci
3.1.7. Tokoh tokoh agama
3.1.8. Hari hari besar agama
|
§
Mengucapkan doa-doa pendek, melakukan ibadah
sesuai dengan agamanya (misal
: doa sebelum memulai dan selesai kegiatan)
§
Berperilaku
sesuai dengan ajaran yang dianutnya (misal : tidak bohong, tidak berkelahi
§
Menyebutkan
hari-hari besar agama
§ Menceritakan kembali tokoh-tokoh
keagamaan (misal : nabi-nabi)
|
4.1 Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
4.1.1. Menyanyi lagu lagu keagamaan
4.1.2. Beribadah
4.1.3. Hafalan doa sehari hari
4.1.4. Hafalan surat surat pendek
4.1.5. Pengenalan tempat tempat ibadah
4.1.6. Pengenalan kitab suci
4.1.7. Pengenalan tokoh agama
4.1.8. Peringatan hari hari besar agama
|
|
3.2 Mengenal perilaku baik
sebagai cerminan akhlak mulia
|
3.2.1. Berterima kasih
3.2.2. Ucapan salam
3.2.3. Menghormati orang yang lebih tua
3.2.4. Menolong orang yang kesusahan
3.2.5. Memberi dan meminta maaf
3.2.6. Simpati terhadap teman yang sakit
3.2.7. Berbuat baik
|
§
Berperilaku
sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya secara spontan Mis:
mengucapkan maaf, permisi, terimakasih.
§
Mau
menolong orang tua, pendidik, dan teman.
|
4.2 Menunjukkan perilaku
santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
4.2.1. Mengucapkan terima kasih
4.2.2. Memberi dan membalas salam
4.2.3. Bersikap sopan pada orang tua, orang yang lebih tua
4.2.4. Membantu teman yang terkena musibah
4.2.5. Mau memberi dan memohon maaf
4.2.6. Menjenguk teman yang sakit
4.2.7. Melakukan perbuatan baik terhadap semua
|
|
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
3.3.1. Anggota tubuh
3.3.2. Panca indra
3.3.3. Fungsi atau kegunaan anggota tubuh
3.3.4. Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
3.3.5. Senam
3.3.6. Koordinasi motorik halus
|
§
Melakukan
berbagai gerakan terkoordinasi secara seimbang, terkontrol, dan lincah
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukangerakan mata, tangan, kaki
kepala secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal
: senam dan tari)
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan permainan fisik dengan aturan
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu terampil menggunakan tangan kanan dan
kiri dalam berbagai aktifitas (misal : mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar,
menempel, menggunting, makan)
|
4.3 Menggunakan anggota tubuh
untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
4.3.1. Menunjukkan dan ciri ciri anggota tubuh anak/orang lain
4.3.2. Kegunaan panca indra
4.3.3. Guna anggota tubuh
4.3.4. Melakukan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
4.3.5. Melakukan senam
4.3.6. Mengkoordinasikan motorik halus
|
|
3.4 Mengetahui cara hidup
sehat
|
3.4.1. Alat-alat kebersihan
3.4.2. Mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, menggosok gigi
3.4.3. Membuang sampah pada tempatnya
3.4.4. Berpakaian rapi
3.4.5. Melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan
berlari).
3.4.6. Makan yang teratur
3.4.7. Makan makanan yang bergizi
3.4.8. Tata cara buang air kecil dan besar
3.4.9. Istirahat cukup
|
§
Melakukan
kegiatan hidup bersih dan sehat (misal : mandi 2 x sehari, memakai baju
bersih, membuang sampah pada tempatnya)
§
Mampu
melindungi diri dari percobaan kekerasan termasuk kekerasan seksual dan
bullying (misal : dengan berteriak dan / atau berlari)
§
Mampu
menjaga keamanan diri dari benda-benda berbahaya (misal : listrik, pisau, pembasmiserangga)
§
Terbiasa
mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih, sehat, dan bergizi
|
4.4 Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
|
4.4.1. Belajar/tata cara menggunakan alat-alat kebersihan
4.4.2. Belajar mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, mengosok gigi
4.4.3. Kerja bakti membersihakan kelas dan lingkungan sekolah
4.4.4. Cara berpakaian yang rapi
4.4.5. Belajar cara melindungi diri dari percobaan kekerasan
seksual(teriak dan berlari).
4.4.6. Tata cara makan yang teratur
4.4.7. Terbiasa mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi.
4.4.8. Praktek Buang air kecil dan besar
4.4.9. Tata cara istirahat yang cukup
|
|
3.5 Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
3.5.1. Konsep penjumlahan dan pengurangan
3.5.2. Mencari jejak
3.5.3. Menyusun puzel
|
§
Mampu
memecahkan sendiri masalah sederhana yang dihadapi
§
Menyelesaikan
tugas meskipun menghadapi kesulitan
|
4.5 Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
4.5.1.Menghitung hasil
penjumlahan dan pengurangan denganbenda
4.5.2.Mengerjakan maze
(mencari jejak) menuju suatu tempat/benda
4.5.3.Menyusun kembali
kepingan puzel menjadi bentuk utuh
|
|
3.6 Mengenal benda -benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
3.6.1. Konsepwarna primer (merah, kuning biru) dan warna skunder
3.6.2. Bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus,
kerucut, tabung
3.6.3. Ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar,
sekarang-kemarin-besok.
3.6.4. Pola: pola satu indikator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indikator AB-AB,
ABC, ABC
3.6.5. Sifat: cair-padat-gas
3.6.6. Suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak,
tinggi-rendah, dll
3.6.7. Konsep dan lambangbilangan
|
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengelompokkan
berbagai benda di lingkungannya berdasarkan ukuran, pola, fungsi, sifat, suara,
tekstur, dan ciri-ciri lainnya
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan satu
benda dengan benda yang lain
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama
benda dengan tulisan sederhana melalui berbagai aktifitas (misal :
menjodohkan, menjiplak, meniru)
§
Melkukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan lima seriasi
atau lebih, bentuk, ukuran, warna, atau jumlah melalui kegiatan mengurutkan
benda
§
Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit,
panjang-pendek, berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat
ukur tidak baku
|
4.6 Menyampaikan tentang apa
dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
4.6.1. Pencampuranmacam-macam warna
4.6.2. Pengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri
4.6.3. Perbedaan benda berdasarkan kasar-halus, panjang-pendek, besar-kecil
dll
4.6.4. Penyusunanpola secara berurutan dan benar
4.6.5. Pengenalansifat-sifat dari benda (cair, padat, gas)
4.6.6. Pengenalan bunyi atausuara-suara tertentu
4.6.7. Pengenalankonsep dan lambangbilangan
|
|
3.7 Mengenal lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
3.7.1. Nama / identitas anak
3.7.2. Anggota keluarga
3.7.3. Tempatibadah
3.7.4. Alat transportasi
3.7.5. Budaya sekitar lingkungan anak
3.7.6. Cerita
3.7.7. Gerak dan lagu
|
§
Menyebutkan
nama anggota keluarga dan teman serta ciri-ciri khusus mereka secara lebih
rinci (warna kulit, warna rambut, jenis rambut dll)
§
Menjelaskan
lingkungan sekitarnya secara sederhana
§
Menyebutkan
arah ke tempat yang sering dikunjungi dan alat transportasi yang digunakan
§
Menyebutkan
peran-peran dan pekerjaan termasuk didalamnya perlengkapan / astribut dan
tugas-tugas yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut
§
Membuat
dan mengikuti aturan.
|
4.7 Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
4.7.1. Pengenalanidentitas anak
4.7.2. Pengenalananggota keluarga.
4.7.3. Pengenalantempat-tempat ibadah
4.7.4. Macam-macamkendaraan(laut, darat, udara)
4.7.5. Menari sesuai iramamusik
4.7.6. Bercerita
4.7.7. Praktek gerak lagu
|
|
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
3.8.1. Macam-macamtanaman
3.8.2. Binatang yang hidup di air, udara & darat
3.8.3. Binatang piaraan
3.8.4. Cuaca: siang, malam, panas, hujan
3.8.5. Daerah pedesaan, perkotaan, pegunungan pesisir dll
3.8.6. Bertanya dengan kata "apa", "siapa", "dimana",
"bagaimana", "mengapa".
3.8.7. Perkembangbiakanmakluk hidup
3.8.8. Proses kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai
dari menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas.
|
§
Menceritakan
peristiwa alam dengan melakukan percobaan sederhana
§
Mengungkapkan
hasil karya yang dibuatnya secara lengkap yang berhubungan dengan benda
-benda yang ada dilingkungan alam
§
Menceritakan
perkembangbiakan maklukhidup
|
4.8 Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentanglingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
4.8.1. Memeliharatanaman
4.8.2. Gerakan binatang, bercerita tentang binatang,
4.8.3. Pemeliharaanbinatang piaraan.
4.8.4. Proses terjadinya gejala alam
4.8.5. Belajarsuasana pedesaan, perkotaan, pegunungan
4.8.6. Menggunakankata "apa", "siapa", "dimana",
"bagaimana", "mengapa".
4.8.7. Perkembangbiakan makluk hidup
4.8.8. Praktek kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai
dari menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas.
|
|
3.9 Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
3.9.1. Alat- alat rumah tangga.
3.9.2. Alat untuk bekerja (alat tukang kayu, alat dokter, alat polisi
dll)
3.9.3. Alat-alat permainan di sekolah
3.9.4. Alat-alat untuk sekolah
3.9.5. Alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta
api-kereta apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll).
|
§
Melakukan
kegiatan dengan menggunakan alat tehnologi sederhana sesuai fungsinya secara
aman dan bertanggung jawab
§
Membuat
alat-alat tehnologi sederhana (misal : baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta-kereta
apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll)
§
Melakukan
proses kerja sesuai dengan prosedurnya (mmisal : membuat teh dimulai dari
menyediakan air panas, teh, gula, dan gelas)
|
4.9 Menggunakan teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
4.9.1. Pengenalanperalatanrumah tangga
4.9.2. Bermain peran sebagai tukang kayu, dokter, polisi dll
4.9.3. Mengembalikan alat-alat permainan setelah digunakan di sekolah
4.9.4. Mengelompokkan alat-alat untuk sekolah
4.9.5. Membuat alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-pesawatan,
kereta api-kereta apian, mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan benang dll).
|
|
3.10 Memahami bahasareseptif
(menyimak dan membaca)
|
3.10.1 Percakapan
3.10.2 Menirukan 3-4 urutan kata
3.10.3 Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang
diungkapkan
3.10.4 Suku kata awal sama/suku kata akhir sama
3.10.5 Identitas diri dengan lengkap (nama lengkap, nama panggilan, alamat
dll)
|
§
Menceritakan
kembali apa yang didengar dengan kosa kata yang lebih
§
Melaksanakan
perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan (misal :
aturan untuk melakukan kegiatan memasak ikan)
|
4.10 Menunjukkan kemampuan
berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
4.10.1. Percakapandua arah ataulebih
4.10.2.Menyusun 3-4 urutan
kata dengan benar
4.10.3.Membaca buku cerita
sederhana
4.10.4. Belajar tentang suku kata awal sama/suku
kata akhir sama
4.10.5 . Pengenala nama sendiri dengan lengkap
|
|
3.11 Memahami bahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
3.11.1. Ekpresi wajah (senang, marah, sedih)
3.11.2. Pantomim
3.11.3. Lagu anak-anak
3.11.4. Syair
3.11.5. Tanya jawab tentang keterangan /informasi
3.11.6. Mengulangkalimat yang sudah didengar
3.11.7. Macam bunyi/suara (teriakan, tertawa, menangis,
pintu dibuka dll)
|
§
Mengungkapkan
keinginan, perasaan, dan pendapat, dengan kalimat sederhana dalam
berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa
§
Menunjukkan
perilaku senang membaca buku terhadap buku-buku yang dikenali
§
Mengungkapkan
perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi
§
Menceritakan
kembali isi cerita secara sederhana
|
4.11 Menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
4.11.1. Pengenalanberbagai ekspresi (senang, marah,
sedih dll)
4.11.2. Berpantomim
4.11.3. Mengekspresikakan berbagai gerakan sesuai
irama lagu
4.11.4. Membuat sajak sederhana
4.11.5. Bercerita tentang pengalaman anak
4.11.6. Melengkapi kalimat yang sudah dimulai guru
4.11.7. Menirukan berbagai bunyi yang didengar
(teriakan, menangis, tertawa dl)
|
|
3.12 Mengenal keaksaraan awal
melaluibermain
|
3.12.1. Huruf vokal dankonsonan
3.12.2. Huruf awal sama
3.12.3. Gambar cerita
3.12.4. Menggerakkan jari-jari tangan
|
§
Menunjukkan
bentuk-bentuk (pra menulis)
§
Membuat
gamabr dengan beberapa coretan / tulisan yang sudah berbentuk huruf / kata
§
Menulis
huruf-huruf dari namanya sendiri
§
Menyebutkan
angka bila diperlihatkan lambangbilangannya
§
Menyebutkan
jumlah benda dengan cara menghitung
|
4.12 Menunjukkan kemampuan
keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
4.12.1. Pengenalanhuruf-huruf dari namanya sendiri
4.12.2. Pengenalankata-kata yang mempunyai huruf
awal sama
4.12.3. Menghubungkantulisan sederhana dengan
simbol yang melambangkannya (tulisan sederhana dengan simbolyang
melambangkannya)
4.12.4. Membuat garis tegak, datar, zig-zag, lengkung
dll
|
|
3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain
|
3.13.1. Mengendalikan emosi
3.13.2. Orang-orang yang ada disekitar
3.13.3. Berani sendiri
3.13.4. Mau bermain denganteman
3.13.5. Dapat bekerja kelompok dengan teman
|
§
Beradaptasi
secara wajar dalam situasi baru
§
Mempertahankan
hak-haknya untuk melindungi diri
|
4.13 Menunjukkan reaksi emosi
diri secara wajar
|
4.13.1. Bisa mengendalikan emosi
4.13.2. Beradaptasi dengan orang yang ada
disekitarnya
4.13.3. Keberanian dalam melakukan aktifitas
4.13.4. Mempunyai sahabat
4.13.5. Kerja kelompok
|
|
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan,
dan minat diri
|
3.14.1. Bermain bebas
3.14.2. Hobi
3.14.3. Makanan ku
3.14.4. Kegiatan
|
§
Memilih
satu macam dari 3 atau lebih pilihanyang tersedia
§
Memilih
kegiatan / benda yangpaling sesuai dengan yang dibutuhkan dari berbagai
pilihan yang ada
|
4.14 Mengungkapkan kebutuhan,
keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
4.14.1. Aktifitas yang diinginkannya
4.14.2. Kesenanganku / kegemaranku
4.14.3. Makanan kesukaanku
4.14.4. Memilih satu macam dari 3 atau lebih
pilihan yang tersedia.
|
|
3.15 Mengenal berbagai karya
dan aktivitas seni
|
3.15.1. Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan
3.15.2. Merasa tertarik pada benda-benda yang
berbunyi/berwarna
3.15.3. Senang mengikuti irama musik
3.15.4. Tertarik pada aktifitas seni
|
§
Membuat
karya sen sesuai kreatifitasnya (misal: seni musik, visual, gerak dan tari
yang dihasilkannya dan dihasilkan orang lain)
§
Menghargai
penampilan karya seni orang lain (misal: dengan bertepuk tangan dan memuji)
|
4.15 Menunjukkan karya dan
aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
4.15.1. Bersenandung sesuai syair lagu
4.15.2. Perbedaan bunyi, warna pada benda-benda
disekitar anak
4.15.3. Gerakan senam, tari sesuai irama musik
4.15.4. Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta
bentuk dll
|
Bolehkah minta muatan ajar untuk usia 3-4 th
ReplyDeleteTerimakasih sblmnya
boleh minta yang usia 4-5 dan 5-6 thn?
ReplyDelete