MATERI /
MUATAN AJARTK-A (USIA 4-5 TAHUN) KURIKULUM 2013
Keterangan:
Kompetensi Dasar (KD) untuk KI-1 dan
KI-2 tidak dirumuskan secara tersendiri. Penjelasannya :
1. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap
Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri.
Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi
melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI
Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan.
2. Dengan kata lain, sikap positif anak akan terbentuk ketika dia
memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya
dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu adalah perilaku hidup sehat,
jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis, percaya diri, disiplin,
mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, dan santun.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / MUATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
KOMPETENSI INTI 1
KI-1. Menerima ajaran agama
yang dianutnya
|
||
1.1 Mempercayai adanya Tuhan
melalui ciptaan-Nya
|
1.1.1. Alam semesta ciptaan Tuhan
1.1.2. Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung,
pasir, dst
1.1.3. Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang,
manusia, tumbuhan
1.1.4. Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.1.5. Menjaga dan melestarikan ciptaan Tuhan.
1.1.6. Memanfaatkan ciptaan Tuhan
1.1.7. Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
|
|
1.2 Menghargai diri sendiri,
orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
1.1.1. Bersyukur
1.2.2. Menyayangi diri sendiri
1.2.3. Menyayangi sesama teman
1.2.4. Menghormati orang yang lebih tua
1.2.5. Menghormati orang yang lebih muda
1.2.6 Kelestarian lingkungan
1.2.7 Menghargai hasil karya diri sendiri/orang lain
|
|
KOMPETENSI
INTI 2
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri,
jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau
pengasuh, dan teman
|
||
2.1
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
2.1.1. Berolah raga
2.1.2. Makan yang teratur
2.1.3. Menjaga kebersihan
2.1.4. Menjaga kesehatan
2.1.5. Kebersihan diri sendiri
2.1.6. Kebersihan
lingkungan
|
|
2.2
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
2.2.1.
Berani mencoba hal yang baru
2.2.2. Mengetahui sebab akibat
2.2.3. Mengetahui
apa yang terjadi jika
|
|
2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
2.3.1. Mengembangkan hasil karyanya
2.3.2. Berkreasi menggunakan berbagai media
|
|
2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
2.4.1. Bergerak sesuai dengan irama
musik
2.4.2. Menirukan
gerakan sederhana
2.4.3. Berpakaian
yang rapi dan sopan
2.4.4. Penataan
lingkungan
2.4.5. Adat
istiadat, budaya
|
|
2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
2.5.1. Berani bertanya.
2.5.2. Menyampaikan
pendapat.
2.5.3. Berani
tampil di depan umum
2.5.4. Mengerjakan
tugas sendiri
2.5.5. Menunjukkan
kebanggaan terhadap hasil kerjanya
2.5.6. Menceritakan
pengalaman secara sederhana
2.5.7. Dapat
menerima kritik
2.5.8. Mengikuti perlombaan / kompetisi
|
|
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
2.6.1. Perilaku
baik / buruk.
2.6.2. Berangkat
sekolah tepat waktu.
2.6.3. Memakai
seragam sekolah.
2.6.4. Bersikap
sportif dalam permainan
2.6.5. Mentaati
peraturan / tata tertib yang ada
2.6.6. Mengembalikan
mainan pada tempatnya setelah digunakan
|
|
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau
mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
2.7.1. Saling hormat menghormati.
2.7.2. Sabar
menunggu giliran
2.7.3. Mendengarkan
temannya berbicara.
2.7.4. Saling
menghargai sesama manusia
2.7.5. Mengendalikan emosi
|
|
2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
2.8.1. Menyelesaikan tugas tanpa
bantuan.
2.8.2. Mengurus
dirinya sendiri
2.8.3. Tidak
cengeng
|
|
2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
2.9.1. Gotong royong / tolong
menolong
2.9.2 Tenggang
rasa
2.9.3. Mau
meminjamkan miliknya dengan senang hati
2.9.4. Rasa
empati pada orang lain
2.9.5 Mau berbagi dengan teman
|
|
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
|
2.10.2. Mau
Bermain dengan teman
2.10.3. Mau
bekerja sama dengan teman/orang lain
2.10.4. Dapat
bekerja kelompok
2.10.5. Toleransi
|
|
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
2.11.1. Menyesuaikan diri dengan
orang lain
2.11.2. Tidak
mengganggu teman
2.11.3. Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
2.11.4. Mudah bergaul/berteman
|
|
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung
jawab
|
2.12.1. Menyelesaikan tugas sampai
selesai
2.12.2. Memohon
dan memberi maaf
2.12.3.Menyelesaikan
pekerjaan tanpa dibantu orang lain
2.12.4. Memiliki
rasa tanggung jawab
|
|
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
jujur
|
2.13.1. Tidak mengambil barang yang bukan
miliknya
2.13.2. Mengakui kesalahannya
2.13.3. Mengembalikan
milik orang lain
|
|
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
rendah diri dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman
|
2.14.1. Mengucapkan
terimakasih bila mendapatkan sesuatu
2.14.2. Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
2.14.3. Berbicara sopan
2.14.4. Memberi dan membalas salam
2.14.5. Saling
memaafkan
|
|
KOMPETENSI INTI 3 & 4
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
||
3.1 Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
|
3.1.1. Lagu-lagu keagamaan
3.1.2. Ibadah
3.1.3. Pengenalan do’a
3.1.4. Surat surat pendek
3.1.5. Tempat tempat ibadah
3.1.6. Kitab suci
3.1.7. Tokoh tokoh agama
3.1.8. Hari hari besar agama
|
§
Mulai mengucapkan doa – doa pendek dan melakukan
ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
|
4.1 Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
4.1.1. Menyanyi lagu lagu keagamaan
4.1.2. Beribadah
4.1.3. Hafalan doa sehari hari
4.1.4. Hafalan surat surat pendek
4.1.5. Pengenalan tempat tempat ibadah
4.1.6. Pengenalan kitab suci
4.1.7. Pengenalan tokoh agama
4.1.8. Peringatan hari hari besar agama
|
|
3.2 Mengenal perilaku baik
sebagai cerminan akhlak mulia
|
3.2.1. Berterima kasih
3.2.2. Ucapan salam
3.2.3. Menghormati orang yang lebih tua
3.2.4. Menolong orang yang kesusahan
3.2.5. Memberi dan meminta maaf
3.2.6. Simpati terhadap teman yang sakit
3.2.7. Berbuat baik
|
§ Bersikap
sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya dengan bimbingan. Mis:
mengucapkan maaf, permisi, terimakasih.
§ Mulai
menunjukkan sikap mau menolong orang tua, pendidik, dan teman.
|
4.2 Menunjukkan perilaku
santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
4.2.1. Mengucapkan terima kasih
4.2.2. Memberi dan membalas salam
4.2.3. Bersikap sopan pada orang tua,orang yang lebih tua
4.2.4. Membantu teman yang terkena musibah
4.2.5. Mau memberi dan memohon maaf
4.2.6. Menjenguk teman yang sakit
4.2.7. Melakukan perbuatan baik terhadap semua
|
|
3.3 Mengenal anggota tubuh,
fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
3.3.1. Anggota tubuh
3.3.2. Panca indra
3.3.3. Fungsi atau kegunaan anggota tubuh
3.3.4. Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
3.3.5. Senam
3.3.6. Koordinasi motorik halus
|
§ Melakukan berbagai
gerakan motorik kasar dan motorik
halus yang seimbang, terkontrol, dan lincah
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan bergelayutan (berkibar)
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat,
dan berlari secara terkoordinasi
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melempar sesuatu secara terarah
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menangkap bola dengan tepat
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan antisipasi . Mis:
permainan lempar bola
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menendang bola secara terarah
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu memanfaatkan alat permainan di luar dan
di dalam ruangan
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menggunakan anggota badan untuk
melakukan gerakan halus yang terkontrol, mis; meronce
|
4.3 Menggunakan anggota tubuh
untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
4.3.1. Ciri ciri anggota
tubuh anak/orang lain
4.3.2. Kegunaan panca indra
4.3.3. Guna anggota tubuh
4.3.4. Jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
4.3.5. Senam
4.3.6. Koordinasikan motorik halus
|
|
3.4. Mengetahui cara hidup
sehat
|
3.4.1. Alat-alat kebersihan
3.4.2. Cuci tangan, mandi, menyisir rambut, menggosok gigi
3.4.3. Membuang sampah pada tempatnya
3.4.4. Berpakaian rapi
3.4.5. Melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan
berlari).
3.4.6. Makan yang teratur
3.4.7. Makan makanan yang bergizi
3.4.8. Tata cara buang air kecil dan besar
3.4.9. Istirahat cukup
|
§ Mulai melakukan
hidup bersih dan sehat
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenali bagian tubuh yang harus
dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan termasuk kekerasan sekual
§ Mulai
terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih, sehat, dan bergizi
§ Menggunakan
toilet tanpa bantuan
|
4.4 Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
|
4.4.1. Belajar/tata cara menggunakan alat-alat kebersihan
4.4.2. Belajar mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, mengosok gigi
4.4.3. Kerja bakti membersihakan kelas dan lingkungan sekolah
4.4.4. Cara berpakaian yang rapi
4.4.5. Belajar cara melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual
(teriak dan berlari).
4.4.6. Tata cara makan yang teratur
4.4.7. Terbiasa mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi.
4.4.8. Praktek buang air kecil dan besar
4.4.9. Tata cara istirahat yang cukup
|
|
3.5 Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
3.5.1. Konsep penjumlahan dan pengurangan
3.5.2. Mencari jejak
3.5.3. Menyusun puzel
|
§ Mampu
memecahkan masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh orang dewasa
§ Melanjutkan
kegiatan sampai selesai
|
4.5Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
4.5.1. Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan
dengan benda
4.5.2. Mengerjakan maze (mencari jejak) menuju suatu tempat/benda
4.5.3. Menyusun kembali kepingan puzel menjadi bentuk utuh
|
|
3.6 Mengenal benda -benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur,fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
3.6.1. Konsep warna primer (merah,kuning biru) dan
warna skunder
3.6.2. Bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval,
kubus, kerucut, tabung
3.6.3. Ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar,
sekarang-kemarin-besok.
3.6.4. Pola: pola satu indikator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indikator
AB-AB, ABC-ABC
3.6.5. Sifat: cair-padat-gas
3.6.6. Suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak,
tinggi-rendah, dll
3.6.7. Konsep dan lambang bilangan
|
§ Melakukan
kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai
benda berdasarkan ukuran mis ; besar – kecil, panjang – pendek, tebal –
tipis, berat - ringan
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan memasangkan benda
dengan pasangannya
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengurutkan benda
berdasarkan ukuran dari yang terpendek sampai yang terpanjang, terkecil -
terbesar
§ Melkukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran
dan warna melauli kegiatan mengelompokkan
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep
besar – kecil, banyak – sedikit, panjang – pendek, berat – ringan, tinggi –
rendah melauli kegiatan membandingkan
|
4.6 Menyampaikan tentang apa
dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
4.6.1. Pencampuran macam - macam warna
4.6.2. Pengelompokkan benda berdasarkan bentuk
geometri
4.6.3. Perbedaan benda berdasarkan
kasar-halus,panjang pendek,besar-kecil dll
4.6.4. Penyusunan pola secara berurutan dan benar
4.6.5. Pengenalan sifat-sifat dari benda
(cair,padat,gas)
4.6.6. Pengenalan bunyi atau suara-suara
tertentu
4.6.7. Pengenalan konsep dan lambang bilangan
|
|
3.7 Mengenal lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,budaya, transportasi)
|
3.7.1. Nama / identitas anak
3.7.2. Anggota keluarga
3.7.3. Tempat ibadah
3.7.4. Alat transportasi
3.7.5. Budaya sekitar lingkungan anak
3.7.6. Cerita
3.7.7. Gerak dan lagu
|
§ Menyebutkan
nama anggota keluarga lain, teman dan jenis kelamin mereka
§ Menyebutkan
tempat dilingkingan sekitar
§ Menyebutkan
arah ke tempat yang sering dikunjungi pada radius yang lebih jauh (pasar,
taman bermain)
§ Menyebutkan
dan mengetahui perlengkapan/ astribut yang berhubungan dengan pekerjaan orang
– orang yang ada disekitarnya
§ Mengikuti
aturan.
|
4.7 Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
4.7.1. Pengenalan identitas anak
4.7.2. Pengenalan anggota keluarga.
4.7.3. Pengenalan tempat-tempat ibadah
4.7.4. Macam-macam kendaraan (laut, darat, udara)
4.7.5. Menari sesuai irama musik
4.7.6. Bercerita
4.7.7. Praktek gerak lagu
|
|
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
3.8.1. Macam -macam tanaman
3.8.2. Binatang yang hidup di air, udara & darat
3.8.3. Binatang piaraan
3.8.4. Cuaca: siang, malam, panas, hujan
3.8.5. Daerah pedesaan, perkotaan, pegunungan
pesisir dll
3.8.6. Bertanya dengan kata "apa",
"siapa", "dimana", "bagaimana",
"mengapa".
3.8.7. Perkembangbiakan makluk hidup
3.8.8. Proses kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal:
membuat teh dimulai
dari menyediakan air panas, teh,gula, dan gelas.
|
§ Menunjuk
warna dan kegunaan benda – benda alam
§ Mengungkapkan
hasil karya yang dibuatnya secara sederhana yang berhubungan dengan benda –
benda yang ada dilingkungan alam
§ Menunjukkan
proses perkembangbiakan makluk hidup(mis:kupu – kupu, ayam, katak)
|
4.8 Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentanglingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
4.8.1. Memelihara tanaman
4.8.2. Gerakan binatang,bercerita tentang binatang,
4.8.3. Pemeliharaan binatang piaraan.
4.8.4. Proses terjadinya gejala alam
4.8.5. Belajar suasana pedesaan, perkotaan,
pegunungan
4.8.6. Menggunakan kata "apa",
"siapa", "dimana", "bagaimana",
"mengapa".
4.8.7. Perkembangbiakan makluk hidup
4.8.8. Praktek kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal:
membuat teh
dimulai dari menyediakan air panas, teh,gula, dan gelas.
|
|
3.9 Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll)
|
3.9.1. Alat- alat rumah tangga.
3.9.2. Alat untuk bekerja (alat tukang kayu,alat
dokter,alat polisi dll)
3.9.3. Alat-alat permainan di sekolah
3.9.4. Alat-alat untuk sekolah
3.9.5. Alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling,
pesawat-
pesawatan,kereta api- kereta apian,mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan
benang dll).
|
§ Menggunakan
cara penggunaan benda – benda tehnologi sederhana (mis: gunting, sekop, palu,
cangkul, pisu, gunting, kuku, sikat gigi, sendok, pembuka tutup botol, spons,
roda pada kendaraan dll)
§ Mengenali
bahan – bahan pembuatan tehnologi sederhana
|
4.9 Menggunakan teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
4.9.1. Pengenalan peralatan rumah tangga
4.9.2. Bermain peran sebagai tukang kayu,dokter,polisi dll
4.9.3. Mengembalikan alat-alat permainan setelah digunakan di sekolah
4.9.4. Mengelompokkan alat-alat untuk sekolah
4.9.5. Membuat alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-
pesawatan,kereta api- kereta apian,mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan
benang dll).
|
|
3.10 Memahami bahasareseptif (menyimak dan
membaca)
|
3.10.1.Percakapan
3.10.2.Menirukan 2- 3 urutan
kata
3.10.3.Menceritakan isi buku
walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
3.10.4.Suku kata awal
sama/suku kata akhir sama
3.10.5.Identitas diri dengan
lengkap (nama lengkap, nama panggilan, alamat dll)
|
§ Menceritakan
kembali apa yang didengar dengan kosa kata yang terbatas
§ Melaksanakan
perintah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan. Mis : aturan makan
bersama
|
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
|
4.10.1.Percakapan dua arah
atau lebih
4.10.2. Menyusun 2-3 urutan kata dengan benar
4.10.3. Membaca gambar sederhana
4.10.4. Belajar tentang suku kata awal sama/suku
kata akhir sama
4.10.5 . Menyebutkan nama sendiri dengan lengkap
|
|
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
|
3.11.1. Ekpresi wajah (senang, marah, sedih)
3.11.2. Pantomim
3.11.3. Lagu anak-anak
3.11.4. Syair
3.11.5. Tanya jawab tentang keterangan /informasi
3.11.6. Mengulang kalimat yang sudah didengar
3.11.7.Macam bunyi/suara
(teriakan,tertawa,menangis,pintu dibuka dll)
|
§ Menggunakan
kalimat pendek untuk berinteraksi dengan anak atau orang dewasa untuk
menyatakan apa yang dilihat dan dirasa
§ Menceritakan
gambar yang ada di dalam buku
§ Berbicara
sesuai dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpendapat)
§ Bertanya
dengan menggunakan lebih 2 kata tanya seperti : apa, mengapa, bagaiman, dimana
|
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
4.11.1. Pengenalan berbagai ekspresi
(senang,marah,sedih dll)
4.11.2. Berpantomim
4.11.3. Mengekspresikakan berbagai gerakan sesuai
irama lagu
4.11.4. Meniru sajak sederhana
4.11.5. Bercerita tentang pengalaman anak
4.11.6. Melengkapi kalimat yang sudah dimulai guru
4.11.7. Menirukan berbagai bunyi yang didengar
(teriakan,menangis,tertawa dl)
|
|
3.12 Mengenal keaksaraan awal melaluibermain
|
3.12.1. Huruf vokal dan konsonan
3.12.2. Huruf awal sama
3.12.3. Gambar cerita
3.12.4.Menggerakkan jari-jari
tangan
|
§ Menulis
huruf- huruf yang dicontohkan dengan cara meniru
§ Menceritakan
isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan bahasa yang diungkapkan
§ Menghubungkan
benda – benda konkret dengan lambang bilangan 1 – 10
|
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam
berbagai bentuk karya
|
4.12.1. Pengenalan huruf- huruf dari namanya sendiri
4.12.2. Pengenalan kata- kata yang mempunyai huruf
awal sama
4.12.3. Menghubungkan tulisan sederhana dengan
simbol yang melambangkannya (tulisan sederhana dengan simbol yang
melambangkannya)
4.12.4. Membuat garis tegak,datar, zig-zag,
lengkung dll
|
|
3.13 Mengenal emosi diri dan
orang lain
|
3.13.1. Mengendalikan emosi
3.13.2. Orang-orang yang ada disekitar
3.13.3. Berani sendiri
3.13.4. Mau bermain dengan teman
3.13.5. Dapat bekerja kelompok dengan teman
|
§ Menjalin
pertemana dengan anak lain
§ Mempertahankan
hak-haknya untuk melindungi diri dengan bantuan orang lain, mis : meminta
bantuan pada orang dewasa (pendidik / orang tua) saat merasa terganggu /
disakiti
|
4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
4.13.1. Bisa mengendalikan emosi
4.13.2. Beradaptasi dengan orang yang ada
disekitarnya
4.13.3. Keberanian dalam melakukan aktifitas
4.13.4. Mempunyai sahabat
4.13.5. Kerja kelompok
|
|
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat
diri
|
3.14.1. Bermain bebas
3.14.2. Hoby
3.14.3. Makanan ku
3.14.4. Kegiatan
|
§ Memilih satu
macam dari 2-3 pilihan yang tersedia (mis : mainan, makanan, pakaian)
§ Memilih satu
dari berbagai kegiatan / benda yang disediakan
|
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan
minat diri dengan cara yang tepat
|
4.14.1. Aktifitas yang diinginkannya
4.14.2. Kesenanganku / kegemaranku
4.14.3. Makanan kesukaanku
4.14.4. Memilih satu macam dari 3 atau lebih
pilihan yang tersedia.
|
|
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
3.15.1. Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan
3.15.2. Merasa tertarik pada benda-benda yang
berbunyi/berwarna
3.15.3. Senang mengikuti irama musik
3.15.4. Tertarik pada aktifitas seni
|
§ Menampilkan
karya seni sederhana di depan anak atauorang lain
§ Menghargai
penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal : dengan bertepuk
tangan atu memuji)
|
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai
media
|
4.15.1. Bersenandung sesuai syair lagu
4.15.2. Perbedaan
bunyi, warna pada benda-benda disekitar anak
4.15.3. Gerakan senam, tari sesuai irama musik
4.15.4. Kegiatan melukis, mewarnai gambar, mencipta
bentuk dll
|
Comments
Post a Comment