Petunjuk Pengisian
Petunjuk Umum :
|
1.
Pengamatan dilakukan pada akhir
bulan ke-4, 8, 12, 18, 24, 36, 48, dan 60 usia anak.
2.
Saat pengamatan dilakukan anak
harus dalam kondisi sehat dan tanpa beban.
3.
Pengamatan dilakukan sealami
mungkin sehingga si anak tidak tahu sedang dideteksi.
4.
Pengamatan dilakukan per aspek
perkembangan, mulai dari gerakan kasar sampai sosialisasi.
5.
Garis grafik perkembangan
dimulai dari titik merah pada usia pengamatan, selanjutnya dihubungkan dengan
titik-titik pada kolom aspek perkembangan sesuai dengan kemampuan anak saat
pengamatan.
6.
Saat membubuhi titik pada kolom
perkembangan yang dicapai, pastikan bahwa kemampuan itu tidak terjadi secara
kebetulan.
7.
Untuk anak di bawah usia 2
tahun sebaiknya DDTK dilakukan oleh orangtuanya dengan dibantu oleh Kader
|
Usia 4 Bulan:
1.1 Anak ditengkurapkan, di depannya diletakkan mainan. Anak
mampu mengangkat kepala.
1.2 Anak ditelentangkan. Anak mampu bermain-main dengan
keduatangannya.
1.3 Anak diterlentangkan, di atasnya diberi mainan. Anak mampu mengamati mainan.
1.4 Anak diterlentangkan. Anak mampu mendengar suara kertas
diremas & bermain bibir sambil mengeluarkan air liur
1.5 Anak digendong lbunya. Anak mampu tersenyum pada Ibunya
ketika di goda.
Usia 8 Bulan:
2.1 Anak dalam posisi duduk dengan mainan. Anak mampu
duduk sendiri dan mengambil posisi ongkong-ongkong sambil bertahan
sebentar.
2.2 Balok mainan diletakkan di depan anak. Anak mampu
menggenggam balok mainan dengan seluruh permukaan tangan.
2.3 Mainan diletakkan di atas meja di depan anak lalu mainan
digerakkan/digelindingkan sampai jatuh. Anak mampu memperhatikan dan
mencari mainan yang jatuh.
2.4 Ibu memperhatikan dan mendengar celoteh anak. Anak mampu
mengeluarkan suara: ma.. ma... ma..., da... da...da..., ta..a ta...
ta...
2.5 Bapak/lbu duduk di depan anak berhadap-hadapan. Anak mampu
bermain Ciluk...Baa...
Usia 12
Bulan:
3.1 Mainan diletakkan didepan anak.Anak mampu berdiri sendiri
dan berjalan berpegangan.
3.2 Benda kecil disebarkan didepan anak. Anak mampu mengambil
benda kecil dengan ujung ibu jari dan jari telunjuk.
3.3 Mobil-mobilan atau boneka diletakkan didepan anak. Anak
mampu menunjuk roda mobil-mobilan atau mata boneka.
3.4 Ibu/Bapak memperhatikan dan mendengarkan ucapan anak. Anak
mampu mengucapkan satu kata atau lebih dan tahu artinya.
3.5 Anak sedang asyik dengan mainan, ibu meninta mainanya. Anak
mampu memberikan mainan pada Ibu/Bapak
Usia 18
Bulan:
4.1 Anak diminta mendekati ibu dengan cepat. Anak mampu berlari
tanpa terjatuh.
4.2 Ibu memperhatikan ucapan anak. Anak mampu mengucapkan
sepuluh kata atau lebih dan tahu artinya.
4.3 Ibu bertanya: Namamu siapa?". Anak mampu menyebutkan
namanya bila ditanya.
4.4 Ibu memperhatikan ucapan anak. Anak mampu mengucapkan
sepuluh kata atau Iebih dan tahu artinya.
4.5 Ibu bertanya: Namamu siapa?". Anak mampu menyebutkan namanya
bila ditanya.
Usia 24 Bulan:
5.1 Anak diminta untuk melompati garis. Anak mampu
melompat dengan dua kaki sekaligus.
5.2 Anak diminta membuka botol dengan memutar tutupnya. Anak
mampu membuka botol dengan memutar tutupnya.
5.3 Anak diminta menyebukan bagian-bagian tubuh. Anak mampu
menyebutkan 6 bagian tubuh (mata, hidung, mulut, kepala, tangan, telinga,
dst).
5.4 Ibu bertanya dengan pertanyaan sederhana, "Mau apa?" Anak
mampu menjawab dengan dua kata.
5.5 Ibu mengajak anak mencuci. Anak mampu meniru kegiatan
orang dewasa.
Usia 36 Bulan:
6.1 Anak diminta untuk turun tangga. Anak mampu turun tangga
dengan kaki bergantian tanpa berpegangan.
6.2 Anak diminta untuk mengambar garis dan lingkaran. Anak mampu
meniru garis tegak, garis datar dan lingkaran.
6.3 Anak diminta untuk
menunjukkan warna sayur-sayuran dan buah-buahan. Anak mampu menyebut tiga
warna.
6.4 lbu/bapak mengajak anak melihat gambar.Anak mampu
bertanya dengan memakai kata apa, siapa, dimana?
6.5 Anak diminta bergabung dengan teman-temannya. Anak mampu
bermain bersama dengan teman.
Usia 48
Bulan:
7.1 Anak diminta untuk melompat dengan satu kaki. Anak mampu
melompat dengan satu kaki ditempat.
7.2 Anak diberi pensil dan kertas untuk menggambar, kemudian
perhatikan cars anak memegang pensil. Anak mampu memegang pensil dengan ujung jari.
7.3 Anak diminta untuk menghitung tiga balok mainan didepannya. Anak mampu menghitung tiga balok mainan dengan cara
menunjuk.
7.4 Ibu bertanya dan mendengarkan ucapan anak saat bermain, Mis: Itu
apa? Anak mampu menggunakan kalimat
Iengkap (lebih dari 2 kata).
7.5 Anak diajak bergabung dengan teman-temannya dalam satu
permainan. Anak mampu bermain bersama teman dalam satu permainan.
Usia 60 Bulan:
8.1 Anak diminta melompat dengan satu kaki kearah depan. Anak mampu
melompat dengan satu kaki kearah depan.
8.2 Beri contoh menggambar tanda + Anak mampu meniru tanda +
8.3 Anak diminta untuk menggambar orang. Anak mampu menggambar orang.
8.4 Ibu mendengar apa yang diceritagkan anak pada temannya. Anak
mampu bercerita dan bermakna.
8.5 Ibu diminta bergabung dengan teman-temannya dalam permainan
yang berurutan. Anak mampu
bermain bersama teman dengan
mengikuti urutan permainan.
|
Oh
ReplyDeletey
ReplyDelete